Sharing segala info disini... Saling belajar dan saling membantu.

Minggu, 07 Agustus 2016

Pencipta Pokémon GO, John Hanke


Belum lengkap rasanya memainkan game yang tengah naik daun, Pokémon GO, tanpa mengetahui perjalanan panjang dari sang kreatornya, John Hanke. Pria kelahiran San Fransisco, Amerika Serikat ini harus melalui 20 tahun sebelum mencapai sukses dengan game ciptaannya.

Perjalanan Hanke dalam membuat game telah dimulai sejak 1996, sewaktu ia masih di bangku kuliah. Game pertama yang diciptakan dengan genre MMO (massive multiplayer online) adalah Meridian 59. Lalu game tersebut dijual kepada perusahaan 3DO agar dirinya fokus ke proyek selanjutnya


Awal pembuatan Pokémon GO berawal dari dari titik-titik lokasi yang paling banyak digunakan oleh pemain Ingress dan menjadikan titik tersebut menjadi Pokéstop dan Gym di Pokémon GO.

Dalam mengembangkan game tersebut, ia mengantongi pendanaan sebesar US$25 juta (sekitar Rp327,3 miliar) dari Google, Nintendo, Pokémon Company, dan investor lainnya. Lalu dari Desember 2015 hingga Februari 2016 Hanke mengembangkan game Pokémon Go bersama dengan 40 orang tim di dalamnya.

Akhirnya pada 6 Juli 2016 Hanke resmi meluncurkan Pokémon Go di Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Sejak peluncurannya, saham Nintendo meroket naik hingga US$12 miliar (sekitar Rp157 triliun) dan mendapat keuntungan lebih dari US$2 juta (sekitar Rp26 miliar) melalui in-app purchase dalam semalam.

Fenoma kesuksesan Pokémon GO dalam semalam peluncurannya merupakan hasil 20 tahun pengalaman dari John Hanke. Selama dua dekade, Hanke berambisi untuk menciptakan game berbasis geo-tagging dan menjalani setiap pengalamannya bersama tim baru dan pengetahuan yang diraihnya.

Satu hal yang patut diambil dari kisah hidup Hanke adalah fokus pada ambisi dan terus berupaya untuk menggapainya. Mengejar passion, bila dilakukan secara total juga bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.


Source : Kaskus [accmurahcell]

tag : pencipta pokemon go, creator pokemon go, game pokemon go, pembuat pokemon go.

Tidak ada komentar:
Write komentar